Dinkes P2KB Kab.Nunukan Harap Masyarakat tidak Panik Soal Syrup Penyebab Gagal Ginjal Akut Pada Anak

SULSEL PEMBURUNEWS - Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan telah menindak lanjuti surat edaran dari kementrian Kesehatan RI yang mengintruksikan Apotek dan toko obat yang ada di kabupaten Nunukan untuk sementara waktu tidak menjual obat bebas dalam bentuk syrup kepada masyarakat.

Intruksi Kemenkes ini terkait adanya kasus gagal ginjal akut pada anak, intruksi ini tertuang dalam SE Nomor SR.01.05/III/3461/2022 tentang kewajiban penyelidikan epidemiologi dan pelaporan kasus.

Dinas Kesehatan P2KB  Meminta Masyarakat tidak perlu panik soal adanya obat obatan cair atau syrup yang diduga menjadi penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak"Hj.miskia S.si apt MM.

"Dan mengharapkan meminta masyarakat yang sudah terlanjur membeli obat syrup di apotik  atau toko obat agar dan fasilitas Kesehatan lainnya agar menyetop sementara penggunaan obat tersebut.  

Untuk masyarakat yang  anaknya sakit dan sudah terlanjur di beri obat sirup oleh dokter praktek untuk segera Kembali kedokternya dengan membawa obat syrup yang telah diberikan" Hj.miskia s.si apt MM"jelasnya.

Lanjut lebih baik berhenti minum obat syrup sampai semua penyelidikan epidemologi selesai dan kami juga meminta  kepada tenaga Kesehatan di paskes untuk melakukan racikan obat atau obat tablet  dan tidak memberi atau meresepkan obat syrup" harap Hj.Miskia S.si apt MM

Walaupun di Nunukan belum ada kasus namun tetap waspada dan melakukan pencegahan sebelumnya.

Jadi semuanya di tunda sementara sampai ada pengumuman resmi dari pemerintah sesuai aturan perundang undangan terutama terkait bidang kefarmasian"jelas Hj.miskia.

Kami juga mengharapkan kepada seluruh orang tua apabila anak sakit yang menderita demam di rumah lebih mengedepankan seperti tatalaksana non farmakologis, seperti mencukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum, kompres dengan air hangat dan menggunakan pakaian tipis, usahakan istirahat yang cukup, jika terdapat tanda bahaya segera bawa ke pasilitas Kesehatan terdekat"pungkas Hj.miskia.

Sumber"PLT Kadinkes Kesehatan Kab.Nunukan.

0 Komentar