Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Laksanakan Kegiatan PKB Tahap 4

SULSEL PEMBURUNEWS - NUNUKAN - Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB ) tahap 4 Bidang Kesehatan Masyarakat di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nunukan, dilaksanakan dari tanggal 20 hingga 25 November 2022.

Tempat pelaksanaan kegiatan di Lumbis Hulu ( Desa Tau Lumbis) dan di Lumbis pansiangan ( Desa Panas, Desa Labang dan Desa Sumentobol ). 

Dinas kesehatan kabupaten Nunukan menjelaskan bahwa, Pelayanan Kesehatan Bergerak ini dilaksanakan 4 kali dalam setahun, sebelumnya pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini sudah di laksanakan yang di mulai pada bulan Juni,  bulan Agustus dan bulan Oktober 2022 yang lalu.

Dengan sasaran di 2 lokus  yaitu di Lumbis Hulu dan Lumbis Pansiangan dimana  Pelayanan Kesehatan bergerak ini pelaksanaannya berkesinambungan."ujar Kabid dan Pengelola Erniyanti,S.Kep ns.

Lebih lanjut dijelaskan, tujuan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak ini  untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan Kesehatan, mutu pelayanan Kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan terpencil, sangat terpencil dan daerah yang tidak memiliki fasilitas pelayanan Kesehatan dan daerah yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. 

"Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Nunukan Bidang Kesmas dengan membawa 3 dokter Spesialis beserta Tim Puskesmas Binter yang keseluruhan berjumlah 31 orang."

Dengan jumlah masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan : 493 orang ( 4 desa )

Spesialis yang hadir dalam memberikan pelayanan Kesehatan antara lain : 

Spesialis Bedah dr Devid Ruru Sp.B dan dalam pelaksanaannya telah melakukan Eksisi Tumor terhadap 9 pasien dari 4 desa.

dr, Bayu Dwi Susanto,Sp.KFR memberikan pelayanan penggunaan modalitas alat infra red,US Portable, laser radiation dan Tindakan Physical Exercise dan support mental, home program exercise."jelasnya.

Sementara itu, Dr.Amanda Wowor, Sp.PD memberikan pelayanan Kesehatan terkait penyakit dalam, selain memberikan pelayanan Kesehatan, 3 Spesialis tersebut memberikan OJT ( On Job Training ) untuk tenaga Kesehatan serta nakes pustu. 

Hal ini sebagai upaya untuk peningkatan pengetahuan dan ketrampilan teknis nakes setempat. 

Dengan Materi yang disampaikan tentang Perawatan Luka , Penaganan pasien hipertensi dan program exercise dan Proper Back Mechanism pada kasus Low Back Pain dan penanganan Post Stroke.

Ada pelayanan oleh 3 dokter gigi yang terdiri dari drg.Prio Aji Andarusasi, drg. Ahsan Mubarak dan drg.Ermandzahir  yang memberikan layanan Kesehatan gigi serta Protesa Gigi  ( Gigi tiruan/ gigi palsu).Serta berbagai  pelayanan Kesehatan  yang di berikan oleh nakes  lainnya.

Kegiatan tersebut di dukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dinas Kesehatan Propinsi dan Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinkes P2KB Kabupaten Nunukan dalam hal ini bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas)."Pungkas Erniyanti,S.kep.

Report : Arifuddin 


0 Komentar