Diduga Korsleting Listrik, 5 Rumah di Sebatik Terbakar

SULSEL PEMBURUNEWS - SEBATIK - Sebanyak 5 rumah ludes terbakar di Jalan Bhayangkara RT 08 Sungai Nyamuk Sebatik Timur Kabupaten Nunukan pada Kamis (12/1/2023) malam.

Komandan pleton pemadam kebakaran Sebatik Timur Abdul Wahid melaporkan pihaknya menerima laporan kebakaran dari warga sekitar pukul 23.55 Wita.

"Yang terbakar itu 3 rumah pribadi berbahan kayu dan 2 rumah kontarakan juga berbahan kayu," kata Wahid.

Rumah pribadi masing-masing milik H Podang (65), Pawellangi (65) dan Hj Basniah (40) sementara 2 rumah kontrakan yang terbakar adalah milik H Podang dan H Nurdin (68). Selain itu juga ada rumah semi permanen yang terdampak akibat kebakaran.

"Diduga sumber api berasal dari rumah kontrakan H Podang yang paling ujung akibat dari korsleting atau hubungan arus pendek listrik yang menimbulkan percikan api," ucapnya.

Karena angin kencang dan rumah yang terbakar berbahan kayu kata Wahid api cepat membesar dan merembet ke rumah lainnya.

Menurut Wahid untuk memadamkan api, 4 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan  (2 unit mobil  bantuan dari Pos Damkar Sebatik Utara) ditambah 1 unit mobil rescue serta 35 personel pemadam kebakaran ditugaskan.

"Proses pemadaman kebakaran berlangsung sekitar 2,5 jam selanjutnya kita lakukan pendinginan di lokasi kebakaran dan daerah sekitar, proses pendinginan dilakukan sampai dengan pukul 04.15 Wita, Jum'at (13/1)," jelas Wahid.

Wahid mengakui pihaknya kesulitan dalam melakukan proses pemadaman dan pendinginan karena kondisi air laut surut sementara sumber air untuk pemadaman terbatas serta akses jalan menuju lokasi kebakaran sangat  sempit.

"tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini," pungkasnya. 

Sumber pmk nunukan

Report : Arifuddin Sebatik 


0 Komentar