Perpus Tarpus Gelar Festival Literasi Desa, Diisi Berbagai Kegiatan Seru dan Berwawasan

BULUNGAN -- Perpustakaan Taruna Pustaka (Perpus Tarpus) Desa Gunung Putih gelar kegiatan Festival Literasi Desa dalam rangka merayakan 2 tahun Perpus Tarpus. 

Festival Literasi ini diisi dengan berbagai kegiatan seru dan berwawasan yang melibatkan masyarakat Desa, baik anak-anak, pemuda, dan orang dewasa. Kegiatan dirangkai sejak 3 Juli sampai 16 Juli 2023 mendatang.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan di Festival Literasi ini antara lain pelatihan literasi digital, bimbingan belajar, akuakultur, akuaponik, kerajinan tangan, public speaking dan uncak acara dimeriahkan dengan kemah literasi. 

Vickyko Romana Putra sebagai Kepala Perpus Tarpus dan penggagas kegiatan ini berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk tingkatkan literasi masyarakat di desanya. 

"Dengan adanya kegiatan Festival Literasi ini, semoga bisa memberikan dampak dan menambah wawasan pengetahuan untuk setiap orang yang ikut serta pada kegiatan. Saya juga mengapresiasi atas antusias para peserta dan juga Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT) yang membantu penuh kegiatan ini seraya melaksanakan program kerja KKN nya, " pungkas Vickyko. 


Di puncak acara nanti, akan didatangkan para tokoh untuk memberikan motivasi kepada anak-anak di Desa Gunung Putih untuk terus tingkatkan literasi. Diantaranya yang ditargetkan untuk hadir adalah Bunda Literasi Provinsi Kaltara, Duta Baca Kaltara, Duta Wisata Bulungan, dan beberapa tokoh literasi lainnya. 

"Perpus Tarpus sendiri saat ini telah mengimplementasikan program transformasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dimana perpustakaan bukan lagi hanya tempat baca dan pinjam buku, tapi sebagai pusat layanan informasi dan penambah wawasan masyarakat. 

Hal itu didapat bukan hanya dari kegiatan membaca tapi dilakukan dengan kegiatan pemanfaatan teknologi dan pelatihan. Yang mana dampak yang diharapkan adalah meningkatnya kesejahreraan" tutup Vickyko.

Report. : Arifuddin Sebatik 

0 Komentar