Dinas PMD Kaltara bersama BPKP Gelar Bimtek Manajemen Pengelolaan Keuangan BUM Des dan BUM Desma

SULSEL PEMBURUNEWS - SEBATIK - Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan BUM Des dan BUM Desma Bersama di Provinsi Kalimantan Utara, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Utara dan bekerja sama dengan BPKP(badan pengawas keuangan dan pembangunan) provinsi Kalimantan Utara mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Pengelolaan Keuangan BUM Des dan BUM Desma Bersama dengan menggunakan aplikasi FORSA-BUM Des dan Bum Desma. 

Bimtek ini diikuti oleh  BUM Des dan BUM Desma Bersama se- Kecamatan Pulau Sebatik . Selama Tiga hari, mulai tanggal 7 November hingga tanggal 9 November peserta akan diberikan materi tentang manajemen pengelolaan keuangan yang baik dan benar, serta penggunaan aplikasi FORSA-BUM Des untuk memudahkan pengelolaan keuangan.

Dalam wawancara salah satu direktur Bumdes Sungai Nyamuk Berkah Sejahtera Mandiri, ia mengatakan Alhamdulillah di bimtek ini diperkenalkan kepada kami sebuah aplikasi forsa bumdes berbasis online dimana penggunaannya bisa dilakukan di mana saja dengan akses internet dan ini membuat keseragaman pelaporan keuangan secara standar akuntansi yang telah diterapkan di Indonesia, dan lebih mudah lagi pengawasannya oleh pihak terkait. Dengan aplikasi forsa bumdes ini, COA (chart off Account) nya telah tersedia sehingga kita tinggal memilih COA yang ada. Saat kita menjurnal sebuah transaksi, akan langsung masuk ke dalam neraca jika transaksi tersebut berkaitan dengan neraca, serta masuk ke laba rugi jika transaksi tersebut berkaitan dengan laba rugi bahkan akan masuk ke dalam arus kas dan perubahan ekuitas jika transaksinya berkaitan dengan itu,"ujar Muhammad Yusran. 


Aplikasi Forsa bumdes itu adalah aplikasi yang memberikan layanan pengelolaan keuangan secara ini ya online yang berbasis web dalam artian nanti seluruh bumdes dan bumdesma mampu menyusun laporan keuangan secara akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan selanjutnya di aplikasi Forsa bumdes dan bumdesma ini selain menghasilkan laporan keuangan Nantinya juga menghasilkan bentuk laporan berbentuk manajemen laporan manajemen seperti itu."jelas Riski Fajar Selaku Auditor BPKP kaltara. 

"ya untuk tahap awal ini yang dilakukan Bimtek sebanyak 27 bumdes dan bundesma termasuk di dalamnya"(9/23) 

ya aplikasi Forsa Bum Des ini sekarang sudah online berbasis online jadi selama terhubung internet dari pengurus bumdes ataupun Bumdesma dapat melakukan  input transaksi.

Secara online dapat digunakan secara  offline Enggak karena sekarang udah berbasis online aplikasi Forza Bumdes  fondasi ya Jadi selama terhubung ke internet itu berarti masih bisa mengakses online ya."ungkap Riski Fajar Selaku auditor BPKP kaltara.

harapannya agar peserta bumdes dan bumdesma dapat ini ya mengimplementasikan aplikasi yang telah disediakan oleh BPKP dan mampu menjadi ini bentuk pertanggungjawaban dari kegiatan bumdes dan bumdesma selama 1 tahun anggaran,"pungkas Riski Fajar Selaku auditor dari BPKP Kaltara.

Report : Arifuddin Sebatik 

0 Komentar