SDN 3 Lemba Soppeng Gelar Study Lapangan untuk Pengembangan Wawasan


SULSEL PEMBURUNEWS - SOPPENG - Salah satu cara guru SDN 3 Lemba memberikan pemahaman dan pengembangan wawasan kepada para murid murid peserta didik khususnya kelas 4B SDN 3 Lemba yang didampingi guru kelasnya dengan melakukan pembelajaran/studi lapangan dan atau pembelajaran di luar sekolah yang digelar di berbagai tempat umum dan pelayanan publik, termasuk Bola Sipakainge Kejaksaan Negeri kabupaten Soppeng. Senin (19/2/2024). 

Salah satu sasaran yang menjadi obyek pembelajaran di luar sekolah diantaranya tempat pelayanan publik Bola Sipakainge Kejaksaan Negeri Soppeng, tempat umum diantaranya Pusat Pertokoan Soppeng, Galery Dekranasda, Box UMKM Pelataran Mesjid Darussalam Soppeng dan tempat aktivitas umum lainnya.

Andi Rahmayuddin, S.Pd salah satu Guru Kelas 4B SDN. 3 Lemba yang akrab disapa Andi Rahman Sulo mengatakan bahwa untuk memberikan pembelajaran bukan hanya di dalam kelas atau lingkungan sekolah akan tetapi kegiatan pembelajaran bisa dilakukan di luar sekolah untuk kegiatan pengembangan diri melalui pembentukan karakter"Ujar Andi Rahmayuddin.

Untuk itu murid SDN 3 Lemba kita berikan kesempatan untuk mengembangkan wawasan pengetahuan dengan terjun langsung ke lapangan atau di luar sekolah seperti ini.

"Sasaran pertama yang menjadi tempat yang mereka tuju bagi  peserta didik adalah tempat pelayanan umum salah satu inovasi Kajari Soppeng yaitu "Bola Sipakainge Kajari Soppeng" yang berada di pelataran/depan Masjid Agung Darussalam Soppeng.

Hal ini agar kiranya para peserta didik bisa mengetahui apa fungsi dari "Bola Sipakainge" ini"jelas Andi Rahmayuddin.

"Dengan kehadiran para siswa di  posko Bola Sipakainge Kejaksaan Negeri Soppeng kita berharap agar peserta didik atau para murid kita ini dapat mengetahui apa saja layanan yang disajikan kepada khalayak umum.

"Usai berada di Bola Sipakainge para peserta didik kita arahkan pada aktivitas kios-kios/Box UMKM Pelataran Mesjid, Galery Dekranasda Soppeng, Pusper, dan Toko-toko lainnya di sekitar SDN 3 Lemba"

Lebih lanjut Andi Rahman menjelaskan bahwa pembelajaran yang dilakukan di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi peserta didik untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. 

"Namun nantinya dapat menjadi salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari wawasan apabila terjun langsung di tengah aktivitas masyarakat".

Semoga dengan bekal tersebut, anak anak kita nantinya dapat lebih fokus untuk belajar setelah melihat secara langsung dan melakukan proses secara lansung dilapangan" pungkas Andi Rahman. *)


0 Komentar