Soppeng Mencari Figur Pemimpin Baru Siapakah itu..?

"Opini Redaksi"1

SULSEL PEMBURUNEWS - SOPPENG - Jelang Pilkada serentak Bulan November 2024 masyarakat kabupaten Soppeng akan mengadakan Pesta politik ditandai dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Pilkada serentak yang akan digelar tahun ini kembali akan menguji kemampuan masyarakat Soppeng untuk memilih Figur kepala daerah secara demokratis. 

Merujuk banyaknya baleho Figur kemungkinan Pilkada Sopppeng akan diikuti oleh 3 pasangan calon bupati dan calon wakil Bupati.

Melalui pesta politik lokal ini, masyarakat berharap akan lahir pemimpin yang berkualitas dan bertanggung jawab dan mampu membangun soppeng yang lebih baik lagi.

Disinilah masyarakat Soppeng akan kembali diuji kemampuannya untuk menentukan pilihan, jangan sampai mereka merasa kecewa terhadap kepala daerah yang terpilih secara langsung lewat pilkada karena harapan dan janji yang disampaikan saat kampanye berbanding terbalik setelah menjabat.

"Masyarakat Soppeng inginkan kriteria pemimpin yang baik tidak hanya berpangku tangan di atas meja tetapi harus turun membuktikan dan mendengarkan aspirasi rakyat,  merasakan apa yang dirasakan rakyat dan memahami apa yang diinginkn oleh rakyat".

Adakah diantara Figur yang bakal menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng yang akan menjadi harapan masyarakat Soppeng.? tentu hal itu ada pada pilihan masyarakat nantinya.

Mengingat menjadi pemimpin di Bumi Latemmamala yang masih memegang adat istiadat yang kental memang berat, akan tetapi semua itu pilihan yang harus dipertanggung jawabkan.

Sebab menjadi pemimpin, harus diawali dengan niat baik dan hati yang tulus serta bersedia mengabdikan diri sepenuhnya untuk rakyat. 

Masyarakat Soppeng inginkan pemimpin yang memiliki  motivasi kerja yang jelas jangan hanya karena ingin punya jabatan yang tinggi, ingin dihormati dan disegani, namun harus bertanggung jawab pada Visi Misi yang diembannya.

Figur pemimpin itu harus memiliki tanggung jawab dan integritas yang tinggi, tanggung jawab seorang pemimpin harus mampu di mempergunakan kedudukannya dengan baik karna kedudukan itu amanah dari rakyat dan amanah itu harus dipertanggung jawabkan.

Pilkada bulan November 2024 mendatang merupakan kesempatan emas bagi masyarakat soppeng untuk menentukan pilihannya ini merupakan kesempatan emas untuk tidak di sia-sia namun kiranya dapat digunakan dengan cerdas untuk memilih pemimpin ( Bupati ) yang memiliki Figur yang diharapkan masyarakat.

Memilih seorang pemimpin yang baik itu tidak hanya sekedar tekad atau ambisi yang tinggi. Lebih dari itu,  pemimpin sejatinya haruslah didukung sejumlah kriteria.

Walau dalam menentukan  pemimpin sempurna bagi masyarakat bukanlah hal mudah dan instan, disinilah masyarakat sejatinya lebih dituntut untuk mengenal sosok yang bakal menjadi Pemimpin kelak.

"Perlu diingat masyarakat Soppeng butuh pemimpin yang memiliki talenta yang mampu menjadi jembatan dalam nengkolabirasikan tradisi dengan inovasi, dalam membawa Soppeng ke arah pembangunan yang lebih baik"

Tetapi perlu diingat, meskipun pilihannya berbeda masyarakat tetap harus mendahulukan dan mementingkan persatuan dan kesatuan agar pesta demokrasi berjalan dengan baik. 

Jangan sampai pilkada menjadi musibah, malapetaka, dan memecah belah masyarakat. Meskipun ada persaingan, rasa persatuan dan kesatuan harus tetap dikedepankan.

Semoga dengan diselenggarakannya pilkada tahun ini, Perubahan-perubahan baru di kabupaten Soppeng akan terjadi, kehidupan yang lebih baik lagi akan tercapai dan harapan masyarakat dapat terpenuhi. Selamat berpesta politik.(*)red1/@T

0 Komentar