Ide SUKSES untuk Atasi Kelangkaan Pupuk Petani dengan Menyiapkan Skema Penanganan

SULSEL PEMBURUNEWS - SOPPENG - Salah satu kondisi yang kerap dikeluhkan kalangan petani di Soppeng adalah kelangkaan pupuk. 

Saat musim tanam tiba, kelangkaan itu biasa terjadi dan membuat resah petani. Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng - Selle KS Dalle (SUKSES), berupaya mengatasi kondisi itu dengan menyiapkan sejumlah skema penanganan yang bisa langsung diterapkan begitu terpilih nanti.

"Kelangkaan pupuk ini menjadi momok bagi petani selama ini. SUKSES memandang itu menjadi prioritas yang harus segera ditangani begitu terpilih," kata Bakal Calon Wakil Bupati, Selle KS Dalle, Rabu, 4 September 2024.

Tim teknis SUKSES telah mendiskusikan dengan berbagai pakar pertanian tentang kemungkinan menempuh berbagai strategi untuk mengatasi kelangkaan itu. 

"Salah satunya, kita akan menempuh cara agar Pemda misalnya bisa mengintervensi dari sisi biaya distribusi. 

Jika mampu dipangkas biaya distribusinya maka, kemungkinan pupuk ini bisa didatangkan dengan lancar," kata anggota tim teknis, Imran Mahmud. 

Selain itu, dibahas juga tentang kemungkinan Pemda mengintervensi dengan skema pembelian pupuk non subsidi oleh Pemda yang nanti akan dijual dengan harga subsidi ke petani. 

"Boleh jadi kita melibatkan sebuah lembaga khusus untuk ini atau sekalian melibatkan Perusda Soppeng. 

Ini masih tahap pembahasan untuk melihat apakah tak ada regulasi yang dilanggar dan paling penting kecukupan APBD," tambahnya. 

Pada intinya, Pasangan SUKSES menginginkan agar di masa pemerintahannya kelangkaan pupuk bukan lagi menjadi momok yang selalu menghantui petani di Soppeng. (*)

0 Komentar