Mudahkan Pelayanan Warga Disdukcapil Kabupaten Nunukan Luncurkan Sistem SIGAP

SULSEL PEMBURUNEWS - SEBATIK - Disdukcapil Kabupaten Nunukan meluncurkan sistem SIGAP (Integrasi Administrasi dan Pelayanan Desa)Kecamatan Sebatik (Desa Tanjung Karang) yang bertujuan untuk memudahkan urusan warga dan meningkatkan efisiensi pelayanan di desa Tanjung Karang Kecamatan Sebatik Kamis (22/08/2024). 

Sistem SIGAP ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan memudahkan urusan warga di Sebatik khusus nya bagian Desa Tanjung Karang. 

SIGAP Desa (Sistem integrasi Administrasi dan Pelayanan Desa) dilakukan di Desa Tanjung Karang sejak Hari Rabu  Tanggal 21-08-2024 Sampai Jumat. Tanggal 23  nanti nya. 

"Jadi kami di sini hadir untuk seluruh masyarakat kita yang ada di Kabupaten Nunukan. Di Perbatasan ini, kita tunjukkan bahwa negara hadir mendampingi setiap warga negara yang membutuhkan dokumen kependudukan. Sebagaimana kita ketahui bahwa dokumen kependudukan seperti KTP, KK(kartu keluarga) dan Akta kelahiran itu merupakan dokumen yang sangat mendasar. 

Ini sangat penting dalam berbagai urusan, anak-anak mau sekolah, mencari pekerjaan, mendapatkan layanan kesehatan bahkan untuk layanan perbankan mereka semua butuh dokumen kependudukan seperti KTP dan kartu keluarga itu."plt Kabid Pelayanan pendaftaran penduduk,"plt kabid pendaftaran penduduk Muhammad Rizal. 

Disampaikan juga oleh  Kabid Pelayanan pencatatan sipil  Pendaftaran penduduk,layanan kita kali ini lengkap. Sebagai contoh Ibu Siti Nurika. Dikisahkan oleh Bu Siti Nurika , bahwa dia mendengar tentang adanya layanan Dukcapil di Desa. 

Dia kemudian mencoba untuk memberanikan diri datang, tanpa dokumen apapun. Setelah dilakukan interview, maka diyakini bahwa Ibu Nurika ini adalah WNI yang lama di Malaysia. 

Ditunjukkan dengan adanya Passport kedua orang tuanya. Dia juga bisa berbahasa Bugis dan Makassar. Ibu Siti saat ini menetap di Sebatik untuk membantu kakaknya berjualan. Dia juga sesekali ke Malaysia untuk mengunjungi orangtuanya disana. 

Selama di Sebatik, dia belum pernah ke Kantor Capil untuk mengurus dokumen kependudukan karena beranggapan bahwa pengurusan dokumen itu ribet dan mahal. 

Dia tidak menyangka, dengan adanya Inovasi Sigap Desa ini, dia bisa mendapatkan Kartu Keluarga, KTP Elektronik dan Akta Kelahiran hanya dalam satu hari. 

Jadi SIGAP Desa ini sangat efektif  dalam memudahkan urusan masyarakat, tutup Samsudin.

Tanggapan Selaku Kepala Desa Tanjung Karang "saya sangat positif sekali dan saya berterima kasih kepada dinas kependudukan sipil Kabupaten Nunukan karena permohonan kami untuk pelayanan di desa kami, akhirnya Dukcapil bisa turun dan baiknya lagi lebih cepat dari yang di agendakan. Harusnya bulan 10 dan teman teman dari capil turun bulan 8 itu."ujar Faisal.S,i.p.

Alhamdulillah saya melihat masyarakat sangat terbantukan  sekali, begini Pak mungkin masyarakat bisa saja ke nunukan cuma waktu aja tidak ada, ada lagi yang punya waktu mereka tidak punya uang karena yang kita pikir kan  ke nunukan dalam perubahan data itu seperti nya dalam sehari  tidak mungkin jadi, sedangkan untuk kesana kita butuh biaya Transportasi 400 ribu dan alhamdulillah adanya ini turun langsung dan jadi di tempat sangat bermanfaat buat masyarakat kita dan saya melihat dari awal sampai saat ini ada beberapa permasalahan  perubahan data yang terselesaikan.

saya selaku kepala Desa Tanjung Karang beserta masyarakat mengucapkan terimah kasih kepada Disdukcapil Kabupaten Nunukan Semoga Kegiatan ini berlanjut dan siap memfasilitasi kegiatan ini jika dibutuhkan."jelas Faisal,S.i.p*)


Report : Arifuddin Sebatik

0 Komentar