Persatuan Dokter Gigi Indonesia Kalimantan Utara Gelar Baksos di Wilayah Perbatasan Sebatik

SULSEL PEMBURUNEWS - SEBATIK - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kalimantan Utara melaksanakan kegiatan Bhakti Dosial di wilayah perbatasan Sebatik pada Sabtu(14/9/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah perbatasan serta mendukung program kesehatan pemerintah menuju Kalimantan Utara (Kaltara) yang lebih sehat.

Dalam kegiatan ini, puluhan dokter gigi dari berbagai daerah di Kalimantan Utara bergabung untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi, seperti penyuluhan kesehatan Gigi dan mulut, penambalan gigi, hingga pencabutan gigi dan pemasangan Gigi Palsu bagi masyarakat setempat dihalaman Parkir Aztrada 88 Sungai Nyamuk. 

Selain itu, edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi juga diberikan kepada masyarakat, khususnya anak-anak Sebanyak 40 Siswa dari As'adiyah Sungai Nyamuk. 

"drg Ida Bagus Komang Sida Raharja. MPH, Selaku Ketua PDGI Wilayah Kalimantan Utara mengatakan Jadi kita targetkan dalam kegiatan ini sekitar 150 tapi ternyata yang hadirnya kursi 300 disiapkan lebih kayaknya, Jadi ini saya berterima kasih atas Animo masyarakat di Sebatik khususnya, begitu besar dengan masalah kesehatan gigi dan kami harapkan ini juga menjadi perhatian pemerintah khususnya di Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan untuk menambah jumlah dokter gigi karena masih ada banyak Beberapa puskesmas itu masih kosong dokter giginya." Ujar drg. Ida Bagus Komang.

Kegiatan organisasi PDGI wilayah Kalimantan Utara kebetulan tempatnya adalah di Sebatik seperti tadi dilaporkan bahwa kegiatan pada hari ini adalah pelayanan kesehatan gigi ada pencabutan ada penambalan kemudian ada penyuluhan kemudian yang lebih baru di sini adalah pembuatan gigi palsu proses ini sudah dilakukan jauh hari sebelumnya jadi karena proses gigi palsu ini kan tidak bisa cepat ya, jadi mulai dengan pemeriksaan kemudian pencetakan pembuatan dan hari ini langsung dipasang hari ini Semua nya gratis tanpa biaya." Jelas drg. Ida Bagus Bomang.

"Sementara itu Hj.Miskia,S.Si Apt. MM Kepala dinas DKP2KB  kabupaten Nunukan dalam tanggapanya terkait kegiatan ini cukup baik, kami sangat mensuport dengan ada kegiatan seperti ini karena masyarakat di perbatasan jarang di adakan kegiatan-kegiatan seperti pelayanan dokter gigi khususnya kalau pelayanan dokter yang lain kita sudah sering, nah ini baru dikaltara mengadakan alhamdulillah saya sangat senang dan insyaallah kalau kapan lagi mau diadakan kami siap menfasilitasi."ucap Hj.Miskia.

"Saya selaku Kepala dinas DKP2KB  kabupaten Nunukan  Sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini dengan akhir nya masyarakat dapat terlayani dengan  adanya dokter gigi ini, karna gigi memang harus kita rawat karna kalau sakit gigi itu enggak mau ngomong enggak mau makan semua puncaknya.

Jadi dengan adanya pelayanan  dokter gigi ini kita sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan PDGI Disi".

"Harapan saya Selaku kepala dinas DKP2KB kesehatan Kabupaten Nunukan semoga PDGI selalu mengadakan kegiatan seperti ini dan terus meningkatkan pelayanannya yang bukan hanya disebatik tapi kalau bisa ada di beberapa pulau-pulau daerah terpencil dan desa terpencil  yang ada di wilayah kaltara ini terutama Nunukan". 

Dokter gigi yang ada di Nunukan berjumlah 26 orang itu belum memenuhi dan masih ada Faskes kita kosong jadi memang ditahun ini kita buka banyak Formasi, kurang lebih dari 12 dokter gigi ditempatkan dirumah Sakit Pratama sama Puskesmas  semoga tahun ini semua banyak yang mendaftar,"pungkas Hj.Miskia.

Report: ARIFUDDIN SEBATIK 

0 Komentar